Kasus Telkom dan SK Telecom

Perusahaan gabungan atau joint venture antara PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan SK Telecom Korea meluncurkan layanan toko musik online yang beralamat di www.melon.co.id. Melalui situs tersebut, pengguna dapat mengunduh file musik sesukanya baik dengancara langganan maupun membeli satuan serta mendengarkan lagu secara streaming.

Lagu-lagu yang diunduh dapat dimainkan di mana saja baik PC, ponsel, maupun MP3 player. Ada pilihan file DRM (Digital Right Management) yang hanya dapat dimainkan di player yang mendukung maupun lagu-lagu berformat MP3 tergantung pilihan konsumen. jenis lagu yang disediakan terdiri atas lagu-lagu Indonesia maupun international.

MelOn menawarkan paket sesuai keinginan pengguna dengan pilihan denominasi (pecahan) per 7 hari, per 15 hari, atau per bulan. Paket-paket yang ditawarkan adalah Paket Unlimited Download + Streaming, Paket MP3 Download + Streaming, Paket Unlimited Download, Paket Unlimited MP3, Paket Streaming, dan Paket Ala Carte.

Untuk berlangganan, konsumen harus mendaftar menggunakan nomor ponsel Telkomsel dan TelkomFlexi. Pada awal peluncuran produk ini, MelOn melayani pelanggan Telkomsel dan TelkomFlexi. Pelanggan umum akan dilayani pada akhir bulan Desember melalui melalui e-payment iVASPay dan pada awal tahun depan melalui online banking BCA dan Mandiri. Begitu aktif, pengguna akan mendapat masa free trial dan dapat langsung menikmati layanan download lagu tanpa batas secara gratis selama sebulan.

MelOn juga memperkenalkan MelOn Player, sebuah aplikasi pemutar lagu yang dapat di-download lalu digunakan di PC. Dengan MelOn player, pengguna bisa melakukan aktifitas search, streaming, download dan membuat playlist. MelOn Player dapat didownload di link http://www.melon.co.id/cs/guide/download/player.do

Menyadari bahwa pengguna tanah air sangat terhubung dengan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, MelOn menyediakan fans page sehingga pengguna MelON (Meloners) dapat berinteraksi satu sama lain dan mendapat update info terbaru dari MelOn. Tidak berhenti sekedar untuk berinteraksi, melalui website MelOn, pengguna dapat sharing album kesukaannya di profile Facebook masing-masing.


sumber : http://tekno.kompas.com/read/2010/12/06/13171033/Telkom.dan.SK.Telecom.Luncurkan.Toko.Musik.Online


Pandangan Telkom dengan KM :
Knowledge management yang baik itu sangat penting untuk kemajuan suatu perusahaan dapat menciptakan produk baru dengan berbagai fasilitas. Penyebaran jaringan seperti Telkom juga sangat penting untuk mendukung efektifitas dalam KM.

KM yang dilakukan oleh Telkom : 
a. Knowledge dengan memberikan pelayanan kepada pelanggan seperti paket sesuai dengan keinginan pelanggan. 


b. Knowledge tentang strategi dalam pembuatan aplikasi bary di dalam MelOn Player yang dapat mebuka  membuka situs jaringan sosial dan dapat mendownload berbagai macam video ataupun lagu yang diinginkan.


c. Knowledge mengenai prosedur pemakaian dan hal2 penting tentang MelOn Player.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar